Thursday 18 June 2015

Tips Mabuk Kendaraan yang perlu kamu ketahui

Mabuk Perjalanan,
mabuk perjalanan memang selalu menjadi hambatan bagi kita saat akan bepergian baik untuk suatu keperluan penting ataupun karena diajak oleh anggota keluarga kita untuk Pergi ke acara keluarga yang lumayan jauh.
Nahh kali ini Arrizal Blog akan berbagi Tips buat sobat yang hendak bepergian agar tidak mabuk saat perjalanan, ataupun bagi sobat yang memang mabuk perjalanan agar lebih berani dan tidak takut bepergian lagi. Simak saja langsung nih Tipsnya.
Memandang Kejauhan
Fokuskan pandangan Sobat pada sebuah titik stabil yang jauh dari kendaraan Sobat. PSobatnglah ke cakrawala sejauh yang dapat Sobat lihat. Hal itu akan mengurangi pesan simpang-siur yang diterima otak dari lingkungan sekeliling Sobat.
Perhatikan Makanan dan Minuman
Perhatikan konsumsi makanan dan minuman sebelum dan selama perjalanan Sobat. Hindarilah makanan atau minuman yang terlalu lambat dicerna, makanan pedas, makanan berlemak dan asam setidaknya sehari  atau beberapa jam sebelum melakukan perjalanan.yang dapat membuat perut Sobat mual.Perut yang penuh memudahkan Sobat mual dan muntah.
Hindari juga alkohol dan kafein sebelum dan selama perjalanan karena membuat tubuh menjadi dehidrasi dan memicu mabuk. Alih-alih alkohol dan kafein, minum air sebagai gantinya.


Bersikaplah Tenang
Jangan tegang mencemaskan bahwa Sobat mungkin akan mengalami mabuk perjalanan. Kecemasan semacam itu justru dapat memicu kehadirannya. Berusahalah sesantai mungkin. Ketika ada tSobat-tSobat awal, ambillah nafas dalam-dalam, tutup mata Sobat, diam dan tanamkan sugesti bahwa Sobat tidak akan mengalami mabuk perjalanan.
Jangan Membaca Di Dalam Kendaraan
Membaca membuat pandangan mata Sobat berpindah-pindah, tidak terpaku pada satu titik. Pada saat yang sama, tubuh Sobat merasakan dan merespon gerakan-gerakan kendaraan Sobat. Akibatnya, terlalu banyak sensasi yang dikirimkan ke otak Sobat. Daripada membaca, Sobat lebih baik mendengarkan suara musik yang membantu Sobat rileks dan melupakan kecemasan Sobat.
Minum Obat Anti-Mabuk Perjalanan
Obat-obatan antimabuk jenis antihistamin harus Sobat minum setidaknya satu jam sebelum perjalanan. Obat tersebut memerlukan waktu untuk diserap ke dalam aliran darah. Ketahuilah aturan pakai dan efek sampingnya. Jangan menyetir kendaraan bila hal itu tidak disarankan setelah meminum obat.
Jauhi Orang Lain Yang Mabuk

Mabuk perjalanan bisa “menular”. Bila ada orang lain yang muntah di dekat Sobat, Sobat dapat ikut muntah. Sugesti sangat berperan dalam hal ini. Kitarilah diri Sobat dengan orang-orang yang tidak rentan mabuk perjalanan. Jika ada orang lain yang terkena mabuk perjalanan, biarkan orang lain membantunya. Fokuskan pSobatngan Sobat pada cakrawala yang jauh dan tetaplah bersikap tenang.
Mengatur Pernapasan yg baik

Lakukan teknik pernapasan dalam yang secara alami akan menenangkan sobat ketika gejala Mabuk sudah terjadi. Caranya tutup mulut dan ambil nafas dalam-dalam melalui hidung. Isi paru-paru dalam empat hitungan. Kemudian tahan nafas selama 7 hitungan. Ulangi tekhnik tersebut sampai rasa mual itu hilang.
Konsumsi Permen
Biasanya sebelum berangkat atau saat di perjalanan sobat, jangan lupa membawa Permen yang memiliki rasa pepermint,menghangatkan,ataupun pedas. Agar dalam perjalanan sobat nanti selalu terfokus untuk menikmati permen itu sendiri.
Tidur dalam Perjalanan
Cara yang satu ini memang efektif sekali. Karena sobat tak akan merasakan perjalanan dekat maupun jauh. Dan ketika bangun sobat hanya tau sobat sendiri sudah sampai di tujuan. Cara ini akan mengorbankan momen-momen perjalanan yg akan terlewatkan. Tetapi karena kita mabuk yah apalah daya. Hehe J

Nah Sekian saja beberapa Tips yg dapat Arrizal Blog dapat berikan untuk sobat-sobat semua. Semoga postingan ini dapat bermanfaat untuk Kita. Amin


No comments:

Post a Comment

Cool Blue Outer Glow Pointer